SEMUA TENTANG JENG PIT

Catatan singkat tentang ide ide gila bin nyleneh khas jeng pit

Tutorial : Membuat CCTV Sendiri Murah Meriah

pada September 1, 2010

Pernah ngalamin kemalingan?

Ato pgn memantau kondisi rumah via internet?

Ya, gunakan Kamera CCTV. Tapi masalahnya harganya 1 paket berjut jut. Apakah emng instalasi CCTV harus mahal? SALAH BESAR, dengan memanfaatkan PC dan webcam kita bisa membangun sendiri jaringan CCTV di rumah, kosan, ato kantor sekalipun.

Caranya ternyata sangat simple dan dapat dilakukan dengan barang2 yang udah familiar di kehidupan kita.

Lebih lanjut, monggo ikutin langkah berikut.

Persiapan

Hal pertama adalah siapkan bahan2nya terlebih dahulu.

1. PC ato laptop, gw saranin PC karena ni PC harus idup 24 jam.

2. Webcam, ato kamera lainnya yg bisa dikonekin ke PC/Laptop.

Lebih gw saranin pilih kamera yg resolusinya gak bagus2 amat, max 1.3MP.

Kenapa? Karena kita bakal ngerekam video melalui kamera ini, makin gede resolusi, makin gede ukuran file yg dibentuk.

Di Percobaan gw, gw pilih merek I-tech seri PC-3808 | Res 1.3MP | Rp 80rb | Koneksi USB

itech pc 3808

Kenapa? karena kamera ini kecil, fiturnya cukup lucu, ada flash nya segala. Not bad lah utk kamera seharga 80rb.

:)

3. Software untuk me-manage webcam di PC.

Disini gw gunakan software free bernama Webcam7.

Software ini bisa digunain utk me-mange 7 kamera sekaligus. Ingin lebih? Upgrade ke versi berbayar.

Fitur yg disuguhin antara lain =

- Capture gambar

- Record video dg tambahan fitur scheduling

- Sebagai server utk streaming video dari webcam yg kita punya.

Software nya udah gw sediain di blog ini. Link ada di akhir artikel.

Instalasi :

Masuk ke tahap selanjutnya.

1. Instalasi webcam di PC

- Install driver webcam di PC

- Koneksikan PC dan Webcam

Prosesnya gampang kq, kayaknya cukup ya, gak perlu dibahas lebih lanjut.

2. Instalasi software Webcam7

- Tinggal download dari link dibawah, trus next2 aja sampai terakhir finish.

- Buka Aplikasi dari Start > Program > Webcam 7 > Webcam 7.exe

- Pilih mode “Free”

- Nongolnya kayak gini

select cam

Klik kanan pada layar yg ditengah > trus pilih PCI/USB > pilih PC Camera-168

Ntar tampilannya bakal kayak gini

(Lakukan hal yang sama untuk kamera2 berikutnya)

control panel

Nah disinilah pusat tata surya nya alias control panel software ini.

Huruf A = adalah utk nambahin keterangan di gambar, semisal Text, Tanggal, Jam, CPU Usage, Memory Usage, dan Brp user yg lagi konek ke kamera ini.

Capture = untuk ngambil gambar, berformat JPEG

Record = untuk ngerekam video, bisa rekam sekaligus streaming ttp jalan lho.

Lainnya utak atik sendiri ya.. Simple kq :)

Lanjut ke Tab berikutnya yaitu Web/Broadcast

broadcast

Disini bakal ditampilin IP berapa aja yang lagi konek ke Webcam kita, yg perlu diperhatiin adalah pastiin Internal Web Server is Running, kl mati tinggal klik enable.

Kl kita mau gambar upload video realtime kita ke webhosting juga dari sini tempatnya.

Langkah Terakhir adalah set agar Aplikasi ini Run Otomatis ketika Windows nyala.

Caranya :

auto start

Pastikan Start With Windows dan Start Minimized dalam kondisi ter-centang.

Selesai. :)

3. Cek Apakah sudah berhasil?

Caranya buka web browser, lalu masuk ke alamat

http://ipaddress:8080

atau

http://computername:8080

Misal gw disini http://10.8.8.201:8080

Kl berhasil, bakal muncul web page kayak gini

webcam7

Nah selesai sudah, kita dah bisa memantau hasil pencitraan seluruh webcam yg kita pasang dari sini.

Di gambar cuma ada 1 gambar karna gw cuma pake 1 kamera waktu pengetesan ini.

4. Integrasikan dengan web (bila perlu)

Dimaksudkan apabila kita mau nampilin video streaming dari webcam tadi di halaman web yang kita punya.

caranya :

Tools > Generate HTML Code.

Next2 in aja, trus muncul kode HTML nya

html code

Tinggal copy seluruh coding HTML ini  ke halaman web kamu.

5. Posisikan kamera di tempat yang strategis

Biasanya di pojokan. Kl gw? kira2 kek gini.

kamera cctv

Gw pake buat ngawasin pintu keluar masuk ruangan kantor gw. Ge pake buat streaming dan proses record di jam kerja.

Ilustrasi Penggunaan :

1. SECURITY CAMERA.

Digunakan untuk merekan video dengan memanfaatkan fitur recording with scheduler, jadi kita gak perlu repot2 tiap hari jalanin proses recording, tinggal atur jam nya, software ini akan ngelakuinnya secara otomatis.

Arahkan kamera ke tempat2 keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela, misalkan ada kemalingan? tinggal jadiin hasil rekaman sbgi barang bukti

2.  PARENTAL CONTROL CAMERA.

Digunakan untuk mengawasi kondisi kantor, para customer atau para pegawainya.

Atau digunakan di rumah untuk mengawasi kegiatan anak2 anda.

3. STREAMING CAMERA.

Digunakan untuk bikin siaran live dari rumah kita sendiri. dan bisa diakses dari mana aja selama mereka terhubung internet. WOW :)

bakal muncul JOPIR-TV on internet nih, hehe..

(jOpiR)

www.kisanak-jopir.co.cc

download icon

Direct Link >> Download WebCam7.exe

About these ads

10 responses to “Tutorial : Membuat CCTV Sendiri Murah Meriah

  1. windy mengatakan:

    kira2 total budget yg dkluarkan brp yah?

  2. [...] dilakukan dengan barang2 yang udah familiar di kehidupan kita. Lebih lanjut, monggo ikutin langkah berikut….. [...]

  3. sugeng mengatakan:

    kalau memonitor menggunakan nokia C3 gimana caranya bosss………..

  4. boest mengatakan:

    Thanks Gan, infonya sgt membantu sy dlm memenej kemanan rumah dan sekitarnya.

    Ijin sedot……

  5. boest mengatakan:

    Gan mau tanya,
    Ane kan udah coba dan berhasil akan tetapi waktu web broadcast ahnya bisa di kompi yg di instal webcam7 doang waktu ane coba di kompi lait dgn masukin ip address-nya qo ga bisa ya gan??? Mohon pencerahaanya. Terima kasih

  6. Samuel Aland Tiwa mengatakan:

    wah gan,, gk bisa banyak” ya kalo selain win 7..
    soalnya keluar tulisan terus nih..
    ada cara lain kgk..??
    yang bisa streaming jg..

  7. plazacctv mengatakan:

    komputer yang digunakan untuk merekam menjadi berat??

  8. Bangsawan kere mengatakan:

    Ga bisa di komputer lain IPnya gan..
    Terus ga bisa di hubungkan ke jaringan

  9. farid mengatakan:

    ngak bisa untuk ngrekam vidio bisanya cuma gambar aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 194 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: